Mari bermain Prezi untuk presentasi

Banyak pengguna komputer sudah sangat akrab dan sering menggunakan dengan Microsoft PowerPoint untuk presentasi. Prinsipnya adalah seperti menggunakan layar Over Head Projector (OHP) jaman baheula atau jamanku kuliah dulu yang memakai plastik transparan hanya saja kita tak perlu repot-repot mengganti plastik tersebut karena sudah digantikan dengan mouse atau remote.

Sekarang aku sudah mulai menggunakan Prezi, zooming presentation, presentasi dengan Prezi tidak perlu berpindah dari satu slide ke slide lain. Cukup dengan satu kanvas besar yang bisa disisipi gambar, video, data, dan lain-lain serta cukup digeser-geser saja maka jadilah presentasi kita seperti melihat tampilan lukisan grafiti di dinding yang lebar. Jadi untuk presentasi dengan Prezi tak perlu banyak slide. Cukup 1 slide saja.

Dari satu topik ke topik, presentasi kita cuma cukup bergeser, malahan bisa berputar ke kiri dan kekanan, zoom sana zoom sini, tanpa perlu ganti slide. Inilah uniknya Prezi.

Enaknya Prezi, selain menarik, aku bisa membuka file presentasi dari mana saja aku berada asal ada koneksi ke Internet. Jaga-jaga jika koneksi Internet putus di tengah presentasi, Prezi masih menyediakan fasilitas untuk kita dapat mengunduh file presentasi kita ke dalam bentuk file executable (EXE) yang sebelumnya dikompres oleh Prezi dalam bentuk ZIP.

Enaknya yang lain, aku bisa mengedit bareng-bareng presentasiku secara online dengan rekan-rekanku yang lain dimanapun mereka berada, tentunya setelah aku beritahukan linknya.

Prezi bisa dicoba dengan gratis meskipun dieditnya harus secara online, maklum lah Prezi ini aplikasi web 2.0. Sedikit kekurangannya, aplikasi web dari Prezi ini semuanya berbasis Adobe Air dan membutuhkan kecepatan Internet yang baik untuk menggunakannya. Tapi meski lemot internetnya, aku masih bisa pakai kok. Kelemahan lainnya adalah presentasinya tidak bisa diprint, pilihan font dan warnanya terbatas, serta untuk beberapa minoritas orang dapat merasa pusing karena melihat perpindahan yang sangat dinamis.

Menyunting Prezi secara offline

Btw, tidak harus online untuk mengerjakan presentasinya. Jika mau mengerjakan secara offline maka kita harus mengunduh Prezi Desktop Trial nya di https://prezi.com/desktop/. Meskipun trial 30 hari tapi kita masih bisa menggunakannya tanpa harus khawatir masa trial nya habis. Untuk itu kita harus Sign In terlebih dahulu di web Prezi.com.

Kalau sudah diklik link di atas, maka ikuti petunjuk yang ada, lalu klik Install Now seperti gambar yang dibawah ini.

Ya sudah ikuti petunjuknya dan sabar ya menunggu sampai proses instalasi selesai.

Kalau sudah selesai jangan dibuka dulu. Karena kita akan menginstall satu program tambahan lagi (tak ada kaitannya dengan Prezi) yaitu Cracklock, program untuk mem-frezze waktu sehingga Prezi Desktop Trial-nya tidak akan habis trialnya sampai kapanpun asal kita menggunakan program ini terlebih dahulu sebelum menggunakan Prezi Desktop-nya.

Download Cracklockversi 3.9.44 disini.

Setelah proses download selesai segera install dan jalakan program tersebut. Lalu klik Add Program dan telusuri ke tempat Prezi Desktop Trial diinstal. Biasanya ada di C:\Program Files\PreziDesktop3. Lalu pilih Prezi Desktop3.exe  dan klik Open.

Kemudian langkah berikutnya adalah klik kanan PreziDesktop3.exe dan akan muncul menu seperti dibawah ini lalu pilih Configure.

dan munculah menu seperti dibawah ini

Contreng seperti di atas. Pilih tanggal pas anda menginstall Prezi Desktop nya. Jangan lupa contreng Freeze date and time. Lalu OK.

Klik kanan PreziDesktop3.exe lalu klik Run.

Dan jika Prezi Desktop menanyakan email dan password anda, maka masukkan email dan password anda yang telah anda daftarkan sebelumnya di Prezi.com. Jika muncul seperti ini maka klik Continue with Trial.

Kapanpun anda membuka Prezi Desktop melalui Cracklock maka tidak akan habis masa trialnya. Karena Cracklock membekukan waktu… andai bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari ya…:)

Lalu apalagi, ya silahkan buat dan edit Prezi anda secara offline. Selamat mencoba.

Disclaimer: Jika ada system error maka saya tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun, silahkan ditanggung sendiri ya. Karena sejatinya program ini adalah untuk trial. Jika ingin upgrade to Pro nya silahkan membayar ke Prezi.com

Sumber

About these ads

6 pemikiran pada “Mari bermain Prezi untuk presentasi

  1. Sepertinya menarik, saya mau coba dulu. Kira2 dg power point Office 2013 tampilan animasi lebih bagus mana? Untuk desain, mana yg paling mudah, power point apa prezi? Saya hobby desai power point template

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s